THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 02 Oktober 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA

By : Dr. Marsigit, M. A.
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Student of Mathematics Education 2009 in Yogyakarta State University
(
http://resti-safitri.blogspot.com/)
Guru perlu menerapkan metode pengajaran yang fleksibel, dimana kinerja  siswa dan prestasi dapat dinilai selama proses kegiatan pembelajaran. Hal ini tersirat bahwa proses belajar mengajar akan lebih berpusat pada siswa, sehingga siswa memiliki berbagai pengalaman dan kesempatan mengungkap hal – hal baru yang telah mereka pelajari.
 Lesson Study kegiatan yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru sekunder
matematika dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat, tetapi juga dianggap sebagai suatu perjalana panjang untuk mencapai tujuan. Tujuan dari kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan kontribusi perbaikan
pendidikan matematika sekunder dengan mengejar praktek yang baik dari kegiatan pembelajaran matematika.
Tujuan khusus kegiatan Lesson Study adalah: untuk mengembangkan instrumen dan
peralatan dalam proses belajar mengajar; untuk mengembangkan metode pengajaran dan model
dalam proses pembelajaran; untuk mengembangkan materi mengajar untuk proses  belajar mengajar; dan untuk mengembangkan evaluasi dalam proses belajar mengajar.
Dengan adanya lesson study sangat membantu dalam peningkatan antusiasme, motivasi, kegiatan, dan kinerja siswa. Hal ini juga meningkatkan profesionalisme guru dalam hal kinerja mengajar, variasi metode / pendekatan mengajar dan  kolaborasi. Siswa belajar aktif dan
terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Guru mendapat metode alternatif untuk membiarkan siswa belajar dan membangun konsep-konsep mereka sendiri. Lesson Study terbukti sangat efektif dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan
diskusi keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan konsep sendiri mereka sendiri.
 Hasil kegiatan Lesson Study adalah saling bertukar pengalaman dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil praktek kegiatan pembelajaran yang efektif khusunya matematika, guru perlu meningkatkan upaya mereka dalam inovating proses belajar mengajar yang memenuhi kebutuhan siswa akademik yaitu mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif;  mengembangkan berbagai strategi mengajar; mengembangkan bahan pengajaran yang bervariasi; dan dalam mengembangkan evaluasi pengajaran.
 Dalam mengembangkan metode belajar mengajar,hal yang perlu dipersiapkan oleh guru antara lain: rencana skenario mengajar; rencana kegiatan siswa; peran guru merencanakan, mendistribusikan tugas; mengembangkan metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa.


0 komentar: