By
: Dr. Marsigit, M. A.
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Student
of Mathematics Education 2009 in Yogyakarta State University
(http://resti-safitri.blogspot.com/)
(http://resti-safitri.blogspot.com/)
Untuk
mematangkan konsep pecahan, siswa perlu mengerti orientasi dunia matematika. Orientasi
dunia matematika diperlukan untuk mengembangkan konsep pecahan, siswa juga perlu
mengembangkan hubungan antara model bahan. Banyak strategi dan praktik telah
diciptakan untuk menemukan notasi pechan yang lebih formal. Permasalahan yang nyata dan konstektual sangat
penting untuk siswa dalam mengembangkan aspek horisontal konsep
pecahan. Para guru menemukan bahwa masalah horisontal harus dimengerti oleh
siswa agar dapat
membangun aspek vertikal dari konsep pecahan.
membangun aspek vertikal dari konsep pecahan.
Matematika
di Sekolah SMP memiliki berfungsi untuk mendorong siswa untuk berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, kreatif dan mampu berkolaborasi dengan orang
lain. Kompetensi yang dibutuhkan siswa agar mereka bisa mendapatkan akses dan
menggunakan informasi untuk penggunaan simbol, tabel, diagram dan sumber-sumber
lain adalah jika siswa mampu memecahkan masalah tentang pecahan tersebut. Siswa perlu
mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang mencakup masalah tertutup dan
terbuka.
Banyak
guru membawa banyak pemahaman informal pecahan untuk usaha mereka dalam
mengembangkan model iceberg untuk mengajar pecahan. Dalam mengembangkan model iceberg dalam mengajar, para guru berharap kepada siswa bahwa mereka akan mempertimbangkan bahwa pecahan tidak hanya bilangan bulat tetapi juga proporsi atau bilangan rasional. Meskipun iceberg model memperkuat siswa untuk membangun konsep-konsep mereka sendiri dari pecahan tetapi masih ada kesulitan bagi siswa untuk memecahkan masalah diungkapkan secara simbolis. Namun, mereka mampu untuk memecahkan masalah yang sama dinyatakan dalam konteks situasi dunia nyata. Sebagian besar guru mengakui bahwa representasi pecahan bisa menjadi tugas yang sangat abstrak dan sulit bagi siswa. Sementara itu, mereka juga menemukan bahwa model iceberg adalah pendekatan yang sangat penting dan berguna untuk mengajar pecahan di SMP.
mengembangkan model iceberg untuk mengajar pecahan. Dalam mengembangkan model iceberg dalam mengajar, para guru berharap kepada siswa bahwa mereka akan mempertimbangkan bahwa pecahan tidak hanya bilangan bulat tetapi juga proporsi atau bilangan rasional. Meskipun iceberg model memperkuat siswa untuk membangun konsep-konsep mereka sendiri dari pecahan tetapi masih ada kesulitan bagi siswa untuk memecahkan masalah diungkapkan secara simbolis. Namun, mereka mampu untuk memecahkan masalah yang sama dinyatakan dalam konteks situasi dunia nyata. Sebagian besar guru mengakui bahwa representasi pecahan bisa menjadi tugas yang sangat abstrak dan sulit bagi siswa. Sementara itu, mereka juga menemukan bahwa model iceberg adalah pendekatan yang sangat penting dan berguna untuk mengajar pecahan di SMP.
0 komentar:
Posting Komentar