By : Dr. Marsigit, M.
A.
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Student of Mathematics
Education 2009 in Yogyakarta State University
(http://resti-safitri.blogspot.com/)
(http://resti-safitri.blogspot.com/)
Guru
perlu menerapkan metode pengajaran yang fleksibel, dimana kinerja siswa dan prestasi dapat dinilai selama
proses kegiatan pembelajaran. Hal ini tersirat bahwa proses belajar mengajar
akan lebih berpusat pada siswa, sehingga siswa memiliki berbagai pengalaman dan
kesempatan mengungkap hal – hal baru yang telah mereka pelajari.
Lesson Study kegiatan
yang mencerminkan dan mempromosikan paradigma baru sekunder
matematika dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat, tetapi juga dianggap sebagai suatu perjalana panjang untuk mencapai tujuan. Tujuan dari kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan kontribusi perbaikan
pendidikan matematika sekunder dengan mengejar praktek yang baik dari kegiatan pembelajaran matematika.
matematika dan ilmu pendidikan, di mana kegiatan belajar tidak hanya dirasakan pragmatis dan berorientasi waktu singkat, tetapi juga dianggap sebagai suatu perjalana panjang untuk mencapai tujuan. Tujuan dari kegiatan Lesson Study adalah untuk memberikan kontribusi perbaikan
pendidikan matematika sekunder dengan mengejar praktek yang baik dari kegiatan pembelajaran matematika.
Tujuan
khusus kegiatan Lesson Study adalah: untuk mengembangkan instrumen dan
peralatan dalam proses belajar mengajar; untuk mengembangkan metode pengajaran dan model
dalam proses pembelajaran; untuk mengembangkan materi mengajar untuk proses belajar mengajar; dan untuk mengembangkan evaluasi dalam proses belajar mengajar.
peralatan dalam proses belajar mengajar; untuk mengembangkan metode pengajaran dan model
dalam proses pembelajaran; untuk mengembangkan materi mengajar untuk proses belajar mengajar; dan untuk mengembangkan evaluasi dalam proses belajar mengajar.
Dengan
adanya lesson study sangat membantu dalam peningkatan antusiasme, motivasi,
kegiatan, dan kinerja siswa. Hal
ini juga meningkatkan profesionalisme guru dalam
hal kinerja mengajar, variasi metode / pendekatan mengajar dan kolaborasi. Siswa belajar aktif dan
terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Guru mendapat metode alternatif untuk membiarkan siswa belajar dan membangun konsep-konsep mereka sendiri. Lesson Study terbukti sangat efektif dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan
diskusi keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan konsep sendiri mereka sendiri.
terlibat dalam diskusi untuk berbagi ide diantara teman-teman sekelas. Guru mendapat metode alternatif untuk membiarkan siswa belajar dan membangun konsep-konsep mereka sendiri. Lesson Study terbukti sangat efektif dalam meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan
diskusi keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan konsep sendiri mereka sendiri.
Hasil kegiatan Lesson Study adalah saling bertukar
pengalaman dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil praktek
kegiatan pembelajaran yang efektif khusunya matematika, guru perlu meningkatkan
upaya mereka dalam inovating proses belajar mengajar yang memenuhi kebutuhan
siswa akademik yaitu mendorong siswa untuk menjadi pembelajar aktif; mengembangkan berbagai strategi mengajar; mengembangkan
bahan pengajaran yang bervariasi; dan dalam mengembangkan evaluasi pengajaran.
Dalam
mengembangkan metode belajar mengajar,hal yang
perlu dipersiapkan oleh guru antara lain: rencana skenario mengajar; rencana
kegiatan siswa; peran guru merencanakan, mendistribusikan tugas; mengembangkan
metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa.
0 komentar:
Posting Komentar