THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 21 September 2011

The Iceberg Approach of Learning Fractions in Junior High School: Teachers’ Simulations of Prior to Lesson Study Activities


By : Dr. Marsigit, M. A.
Reviewed by: Resti Safitri (09301241012)
Student of Mathematics Education 2009 in Yogyakarta State University
(http://resti-safitri.blogspot.com/)
Untuk mematangkan konsep pecahan, siswa perlu mengerti orientasi dunia matematika. Orientasi dunia matematika diperlukan untuk mengembangkan konsep pecahan, siswa juga perlu mengembangkan hubungan antara model bahan. Banyak strategi dan praktik telah diciptakan untuk menemukan notasi pechan yang lebih formal. Permasalahan yang nyata dan konstektual sangat penting untuk siswa dalam  mengembangkan aspek horisontal konsep pecahan. Para guru menemukan bahwa masalah horisontal harus dimengerti oleh siswa agar dapat
membangun aspek vertikal dari konsep pecahan.
Matematika di Sekolah SMP memiliki berfungsi untuk mendorong siswa untuk berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan mampu berkolaborasi dengan orang lain. Kompetensi yang dibutuhkan siswa agar mereka bisa mendapatkan akses dan menggunakan informasi untuk penggunaan simbol, tabel, diagram dan sumber-sumber lain adalah jika siswa mampu memecahkan  masalah tentang pecahan tersebut. Siswa perlu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang mencakup masalah tertutup dan terbuka.
Banyak guru membawa banyak pemahaman informal pecahan untuk usaha mereka dalam
mengembangkan model iceberg untuk mengajar pecahan. Dalam mengembangkan model iceberg dalam mengajar, para guru berharap kepada siswa bahwa mereka akan mempertimbangkan bahwa pecahan tidak hanya  bilangan bulat tetapi juga proporsi atau bilangan rasional. Meskipun iceberg model memperkuat siswa untuk membangun konsep-konsep mereka sendiri dari pecahan tetapi masih ada  kesulitan bagi siswa untuk memecahkan masalah diungkapkan secara simbolis. Namun, mereka mampu untuk memecahkan masalah yang sama dinyatakan dalam konteks situasi dunia nyata. Sebagian besar guru mengakui bahwa representasi pecahan  bisa menjadi tugas yang sangat abstrak dan sulit bagi siswa.  Sementara itu, mereka juga menemukan bahwa model iceberg adalah pendekatan yang sangat penting dan berguna untuk mengajar pecahan di SMP.

0 komentar: